PPLH IPB University Meluncurkan Aplikasi Twibbon Hemat Emisi

PPLH IPB University Meluncurkan Aplikasi Twibbon Hemat Emisi

PPLH IPB University akan mengadakan event IPB Virtual Gowes for Low Carbon Emission 2021 yang juga akan menjadi bagian dari Dies Natalis IPB ke-58. IPB Virtual Gowes for Low Carbon Emission 2021 adalah event bersepeda secara virtual sebagai bentuk kampanye penurunan emisi melalui kendaraan nol emisi. Event ini terbuka untuk umum, tidak hanya terbatas pada civitas akademika IPB, dan dilaksanakan pada tanggal 13-19 September 2021.

Sesuai dengan namanya, event ini akan dilaksanakan secara virtual, dimana peserta dapat meng-gowes sepedanya di lingkungannya masing-masing. Peserta diminta untuk merekam aktivitas bersepeda menggunakan aplikasi Relive, sehingga akan dapat disaksikan peserta lainnya secara virtual. Hmm… Terdengar seru sekali, ya?

Untuk menyemarakkan acara ini, PPLH IPB University juga meluncurkan aplikasi Twibbon Hemat Emisi. Twibbon emisi (http://pplh.ipb.ac.id/twibbon-emisi/) merupakan aplikasi serupa dengan https://twibbon.com/ atau https://www.twibbonize.com/.

Contoh Twibbon

Pendugaan potensi emisi dihitung dengan asumsi jika peserta menggunakan kendaraan bermotor. Emisi CO2 dihitung menggunakan metode Tier-1 sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional (KLH 2021). Jumlah jarak tempuh berdasarkan bahan bakar diasumsikan berdasarkan hasil penelitian Zulfikri & Maemunah (2010), Saharuna (2017), dan Manorek et al. (2018).

Mirip dengan Twibbonize, aplikasi yang dikembangkan PPLH IPB melalui Unit Sistem Informasi dan Transformasi Digital (SITD) ini akan menghasilkan foto pengguna yang sudah dilengkapi dengan frame khusus yang menarik. Tidak hanya itu, akan ada informasi potensi emisi yang dihemat oleh pengguna karena bersepeda. Gambar kemudian dapat diunduh dan dipost ke berbagai media sosial.

Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan oleh siapapun, tidak hanya terbatas pada peserta lomba IPB Virtual Gowes for Low Emission 2021. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita semarakkan Zero Emission Day 2021 dengan menjadi bagian dalam IPB Virtual Gowes for Low Emission 2021 dan gunakan Twibbon Hemat Emisi!