Pendugaan potensi emisi dihitung dengan asumsi jika peserta menggunakan kendaraan bermotor. Emisi CO2 dihitung menggunakan metode Tier-1 sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional (KLH 2012). Jumlah jarak tempuh berdasarkan bahan bakar diasumsikan berdasarkan hasil penelitian Zulfikri & Maemunah (2010), Saharuna (2017), dan Manorek et al. (2018).
Daftar Pustaka
[KLH] Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional. Buku II - Volume 1 Metodologi Perhitungan Tingkat Emisi Gas Rumah Kaca Kegiatan Pengadaan dan Penggunaan Energi. Jakarta (ID): KLH RI.
Manorek DW, Rante J, Patras A. 2018. Perancangan dan pengukuran jarak tempuh motor injeksi menggunakan mikrokontroler. Jurnal Realtech 14(2):110-115.
Saharuna. 2017. Perbandingan konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem konvensional dan sistem EFI. Jurnal Teknik Mesin Teknologi 19(1):34-42.
Zulfikri dan Maemunah S. 2010. Kajian konsumsi BBM pengguna kendaraan pribadi roda empat di JABODETABEK. Warta Penelitian Perhubungan 22(5):513-526.