PPLH IPB Gelar Workshop terkait Nilai Konservasi Tinggi untuk Cagar Biosfer Lore Lindu

PPLH IPB Gelar Workshop terkait Nilai Konservasi Tinggi untuk Cagar Biosfer Lore Lindu

Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH bersama PPLH IPB University menggelar workshop berjudul “Workshop NKT & SKT serta Proyeksi Tutupan Lahan untuk Cagar Biosfer Lore Lindu” dengan Bappeda Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah pada Selasa, 22 Maret 2022. Acara ini digelar di Kantor Bappeda Sulawesi Tengah dan diadakan secara hibrida. Tidak kurang dari 53 partisipan yang berasal dari 30 instansi yang terdiri dari LSM, Universitas, Pemerintah daerah, dan stakeholder terkait lainnya hadir dalam acara ini.

Workshop yang membahas hasil kajian awal analisa Nilai Konservasi Tinggi & Stok Karbon Tinggi (NKT & SKT) dan proyeksi tutupan lahan di Cagar Biosfer Lore Lindu ini diselenggarakan dalam rangka penyelesaian kajian Jurisdictional HCV and HCS Assessments for Lore Lindu Biosphere Reserve, including Development of A Strategy for Management and Monitoringyang dilakukan oleh Tim Peneliti dari Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB University yang diketuai oleh Dr. Syartinilia. Penelitian ini terdiri dari 5 tim kajian yaitu NKT & SKT, proyeksi tutupan lahan, perencanaan wilayah, agroforestri, dan sosial ekonomi.

GIZ sendiri merupakan perusahaan kerjasama internasional untuk pembangunan berkelanjutan yang beroperasi di seluruh dunia di bawah Pemerintahan Jerman. Kerjasama GIZ dan PPLH IPB didasari oleh terbitnya Program global “Sustainability and Value Added in Agricultural Supply Chains” (SASCI+) yang merupakan bagian dari inisiatif khusus “ONE WORLD – No Hunger” (SEWOH) di bawah Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ). Program ini mempromosikan keberlanjutan rantai pasokan pertanian terpilih di negara-negara mitra.

Dalam Kegiatan workshop ini, pemaparan materi terkait NKT & SKT disampaikan oleh Ario Bhirowo, S.Hut, Sementara itu, materi terkait Proyeksi Tutupan Lahan disampaikan oleh Dr. Andrea Emma Pravitasari. Workshop ini diselenggarakan atas adanya urgensi untuk menerima masukan/informasi (input) dari pemangku kepentingan terhadap hasil kajian awal analisa NKT & SKT, serta proyeksi tutupan lahan di Cagar Biosfer Lore Lindu.

Hasil dari kegiatan workshop ini akan diramu kembali untuk menghasilkan suatu rekomendasi komoditas yang berkelanjutan secara ekologi dan sosial ekonomi. Rekomendasi ini akan dituangkan dalam Konsultasi Publik yang akan digelar pada akhir periode kegiatan penelitian ini. Rekomendasi ini berguna sebagai bahan yang perlu diterapkan dan dipertimbangkan dalam perumusan dan implementasi kebijakan pemerintah daerah di Sulawesi Tengah khususnya daerah Cagar Biosfer Lore Lindu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *