PPLH IPB Luncurkan Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan Hidup

PPLH IPB Luncurkan Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan Hidup

Untuk menjawab tantangan perkembangan dunia digital yang semakin pesat dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup IPB University (PPLH IPB) meluncurkan Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan Hidup pada tanggal 1 September 2021. Kalender tersebut berisi daftar peringatan hari-hari lingkungan hidup yang dirangkum dari berbagai sumber seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, dinas-dinas lingkungan hidup daerah, dan beberapa institusi yang bergerak di pelestaraian lingkungan hidup.

Kalender tersebut merupakan daftar hari terkait lingkungan hidup pada aplikasi google calendar yang dapat diintegrasikan dengan smartphone anda. Untuk mengaktifkan kalender tersebut cukuplah mudah, hanya dengan menambahkan kalender pada smartphone anda melalui link ipb.link/kalender-lingkungan-pplhipb atau anda dapat mengikuti panduan yang telah kami buat.

Jika anda berhasil mengaktifkan kalender tersebut, maka smartphone anda sekarang sudah dilengkapi dengan peringatan hari-hari peringatan lingkungan hidup. Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi pengingat agar anda tidak terlewat dalam memperingati hari-hari terkait lingkungan hidup. Sekarang, smartphone anda akan menjadi pengingat anda untuk lebih mencintai lingkungan hidup.

Taufiq Yuliawan yang merupakan salah satu inisiator pembuatan kalender ini menjelaskan bahwa “Dengan adanya kalender digital yang telah kami buat ini, kami berharap hal tersebut dapat menjadi pengingat masyarakat untuk lebih mencintai lingkungannya. Apalagi di zaman digital seperti sekarang ini, kami rasa kalender digital tersebut akan cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan hidup”.

Kepala Unit Sistem Informasi dan Transformasi Digital PPLH IPB (Unit SITD PPLH IPB) tersebut juga menambahkan bahwa siapapun dapat mengaktifkan kalender digital ini di smartphonenya dan dapat menyebarluaskan secara bebas. Selain itu beliau juga mengajak netizen ataupun masyarakat umum untuk berkontribusi dalam kalender digital tersebut dengan menambahkan hari-hari lingkungan hidup yang belum termuat melalui pengisian pada form ipb.link/kontribusi-kalender-pplhipb. “Kami tunggu kontribusi anda. Nama anda akan tercatat sebagai kontributor sepanjang masa” ajak staf yang telah mengabdikan dirinya sejak 2013 di PPLH IPB tersebut.

Ayo lengkapi smartphone anda dengan Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan PPLH IPB melalui link berikut ipb.link/kalender-lingkungan-pplhipb

Taufiq Yuliawan – Kepala Unit SITD PPLH IPB University

Inisiator Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan PPLH IPB:
Taufiq Yuliawan.
Pungki Ari Wibowo.
Arif K Wijayanto.
Citra Martia Safitri.
Andrian Rizaldy Azhar.


Artikel terkait:

Panduan Aktivasi Kalender Digital Peringatan Hari-hari Lingkungan PPLH IPB