Profil

Institut Pertanian Bogor

Didirikan pada tahun 1976 sebagai Pusat Studi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan (Pusdi PSL), kini sebagai Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Institut Pertanian Bogor (PPLH IPB). Secara struktural merupakan salah satu pusat penelitian dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat IPB sesuai Keputusan Menteri P&K No. 0435/O/1992 tentang Statuta IPB dan Surat Keputusan Rektor IPB No. 116/Um/1994.

PPLH-IPB merupakan lembaga tertua di Indonesia dengan fokus kegiatan pada bidang sumberdaya alam dan lingkungan hidup. PPLH-IPB terbentuk atas dasar pemikiran bahwa perlunya suatu pendirian pusat studi yang bertujuan meningkatkan kapabilitas penelitian dan membantu penyelenggaraan Pascasarjana Program Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Sebanyak 50 orang peneliti aktif dan staf penunjang PPLH-LPPM IPB selalu siap bermitra secara profesional dengan berbagai pihak sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab dalam turut menjaga dan memelihara kelestarian fungsi sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Visi & Misi

VISI :

Menjadi pusat penelitian lingkungan terkemuka dalam pembangunan berkelanjutan.

MISI :

  1. Menghasilkan pemikiran dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup yang berorientasi pada karakter ekosistem, peran serta masyarakat, kearifan tradisi masyarakat tempatan dan keadilan ekonomi serta perubahan lingkungan global.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan bioteknologi pengendalian pencemaran lingkungan yang berbasis pada kelestarian keanekaragaman hayati.
  3. Memfasilitasi pengembangan pendidikan dan pelatihan lingkungan.
  4. Menjadi pusat penelitian yang memiliki kredibilitas, profesionalitas, dan sistem manajemen yang handal.

Ranah & Fokus Kegiatan

Ranah & Fokus Kegiatan

Ranah kajian PPLH-LPPM, IPB mencakup penelitian  kondisi fisik, kimia, biologi dan sosial ekonomi budaya dari berbagai ekosistem darat maupun  akuatik, interaksi komponen-komponen lingkungan tersebut, dan telaahan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup.

Fokus kegiatan PPLH-LPPM, IPB dikelompokkan menjadi 3 program:

1.Program Riset dan Publikasi

2.Program Pendidikan dan Pelatihan

3.Program Konsultasi dan Pelayanan Masyarakat

Share via
Copy link
Powered by Social Snap