Program Penelitian & Pengabdian

Kegiatan Penelitian
PPLH-LPPM, IPB adalah lembaga penelitian yang fokus pada studi lingkungan yang mengarah pada kebijakan, teknologi, dan manajemen lingkungan. Kegiatan dan kajian yang dilakukan seperti kajian daya dukung lingkungan, pengelolaan sampah, dan teknologi pengomposan. Kegiatan penelitian lingkungan hidup dilakukan guna meningkatkan kompetensi dan keilmuan di bidang lingkungan hidup.
Program penelitian didukung oleh ahli-ahli dibidang lingkungan hidup seperti Bidang Sistem Manajemen Lingkungan, Bidang Kualitas Udara & Perubahan Iklim, Bidang Energi Terbarukan, Bidang Pertanian Berkelanjutan, dan Bidang Lingkungan Akuatik. Selain itu didukung pula oleh peneliti-peneliti muda yang memiliki berbagai macam keahlian dan kompetensi.
Kegiatan Penelitian
Selain itu program penelitian memiliki 3 unit laboratorium guna mendukung kegiatan yang berlangsung. Laboratorium terdiri dari Laboratorium Lingkungan, Laboratorium Analisis Spasial Lingkungan, dan Laboratorium Bioteknologi Lingkungan. PPLH-LPPM, IPB juga diberikan kepercayaan sebagai pengelola Pusat Data Satelit LAPAN-IPB (Pusat Data LISAT). Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, PPLH-IPB juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat yang telah dilakukan berupa pilot project seperti pembuatan mikrohidro dan pengomposan.

Berikut adalah daftar kegiatan penelitian dan pengabdian yang telah dilakukan oleh PPLH-LPPM, IPB:

Daftar Kegiatan Penelitian

Judul PenelitianTahunDaerah KajianSponsorInformasi
Penelitian-12012Kabupaten CirebonBOPTNDetail

Daftar Kegiatan Pengabdian

Kegiatan PengabdianTahunDaerah/WilayahSponsorInformasi
Pengabdian-12012Kabupaten CirebonBOPTNDetail