PPLH LPPM IPB MENYELENGGARAKAN DIKLAT DASAR-DASAR AMDAL KE-44 DENGAN METODE HYBRID LEARNING

PPLH LPPM IPB MENYELENGGARAKAN DIKLAT DASAR-DASAR AMDAL KE-44 DENGAN METODE HYBRID LEARNING

Pusat Penelitian Lingkungan Hidup, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPLH LPPM), Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menyelenggarakan pelatihan Dasar-dasar AMDAL dengan metode hybrid learning pada tanggal 26 September – 01 Oktober 2022. Metode hybrid learning berarti pelatihan diadakan secara daring dan luring. Peserta luring bertempat di Ruang Pangrango, Gedung PPLH dan peserta daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Angkatan ke-44 ini merupakan angkatan setelah PPLH mendapatkan LPK AMDAL pada tahun 2014, namun kiprah PPLH sebagai penyelenggara Pelatihan AMDAL sudah dimulai pada tahun 1981.

Setelah mengikuti Diklat  Dasar-Dasar AMDAL ini, peserta diharapkan dapat memahami  dasar-dasar penyusunan dan penilaian AMDAL. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021, UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, AMDAL menjadi dasar penerbitan Persetujuan Lingkungan. Persetujuan lingkungan tersebut lah yang nantinya menjadi dasar atas izin usaha dan izin lainnya. AMDAL adalah komitmen dari perusahaan/pemrakarsa dalam melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan agar selaras dengan peraturan yang berlaku.

Pelatihan ini diikuti 32 peserta dari berbagai institusi dan pribadi diantaranya Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai, Universitas Negeri Jakarta, PT Kreasi Prima Consultant, PT Jambi Lestari Internasional, CV Enpro Solution, Dinas LH Kab. Kapuas Hulu, Dep. MSP FPIK IPB, PPLH IPB, Dinas LH Kab. Sanggau, PT Surya Sawit Sejati, PT Serasi Selaras Seimbang, Telkom University, PT Coastmar Lestari dan Institut Teknologi Sumatera.

Acara dibuka oleh Kepala Program Diklat Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Rais Sonaji, SP., M.Si, dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Dr. Yudi Setiawan, SP., M.Env.Sc. Sambutan tersebut sekaligus membuka acara pelatihan secara resmi. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Sekretaris Eksekutif Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Dr. Liyantono, S.TP., M.Sc.

Pemateri/Narasumber Pelatihan Dasar-dasar AMDAL merupakan pakar lingkungan sesuai bidangnya masing-masing. Pemateri tersebut adalah Prof. Dr. Hadi S. Alikodra (IPB), Dr. Soeryo Adiwibowo (IPB dan Penasihat Senior Menteri LHK), Dr. Laela Nur Anisah (KLHK), Rais Sonaji, SP.,M.Si. (IPB), dan Popi Susan, S.Hut., M.Si. (KLHK).

 

Materi yang didapatkan oleh peserta antara lain Kebijakan terkait dengan AMDAL, Penapisan sampai Penilaian (Introduction), Pengantar Identifikasi, Prakiraan, Evaluasi dan Mitigasi Dampak Lingkungan, Etika Penilai dan Penyusun AMDAL, Krisis Ekologi serta Pengantar Sistem Informasi Dokumen Lingkungan Hidup. Di sela-sela materi peserta juga mendapatkan penyegaran permainan dalam ice breaking untuk meningkatkan teamwork serta menjadi ajang untuk lebih mengenal antar sesama peserta.

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Sekretaris Eksekutif PPLH Dr. Liyantono, S.TP., M.Sc. dan keseluruhan peserta dinyatakan lulus semua sesuai passing grade nilai yang sudah ditetapkan. (NRR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *