The 2nd International Seminar on Natural Resources and Environmental Management, 4-5 Agustus 2021

The 2nd International Seminar on Natural Resources and Environmental Management, 4-5 Agustus 2021

The Internasional Seminar on Natural Resources and Enviromental Management tahun 2021 ini memasuki tahun kedua pelaksanaannya. Program studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) IPB University bekerja sama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB University mengusung kegiatan seminar berskala internasional yang diadakan secara daring pada tanggal 4-5 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya IPB University dalam meningkatkan publikasi internasional.

Tema utama dari The 2nd ISENREM 2021, yaitu “Towards a New Era of Natural Resources and Environmental Management” menunjukkan keseriusan dan perhatian besar program studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan IPB University dalam menghadapi isu dan permasalahan di bidang lingkungan dan sumberdaya alam melalui penyediaan forum besar sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan, khususnya dalam disiplin ilmu alam. Hal ini turut didukung oleh pernyataan Rektor IPB University sebagai pembicara kehormatan dalam The 2nd ISENREM 2021 yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni, yaitu Prof. Dodik Ridho Nurrochmat, bahwa di dalam menghadapi era baru pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan mendorong kita menjadi lebih adaptif dan tangkas dalam menyikapi berbagai ketidakpastian.

The 2nd ISENREM 2021 mengusung empat kategori sub-tema dalam presentasi paper, yaitu perubahan lingkungan dan manajemen bencana, kebijakan dan diplomasi lingkungan, sistem manajemen lingkungan, serta perencanaan lingkungan dan geospasial. Turut mengundang tokoh masyarakat di bidang terkait, yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Bambang Hendroyono, Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Aris Marfai, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana periode ketiga, yaitu Letnan Jenderal (Purn) TNI Doni Monardo. Penyelenggara juga turut mengundang akademisi dari dalam maupun luar negeri, yaitu Prof. Zeljko Bacic (University of Zaghreb, Kroasia), Prof. Tasuku Kato (Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang), Dr. Jacob Phelps (University of Lancaster, Britania Raya), Prof. Rizaldi Boer (IPB University, Indonesia), dan Prof. Herry Purnomo (IPB University, Indonesia).

Acara yang dilaksanakan secara daring ini berhasil menarik ratusan peserta yang melakukan presentasi paper dengan total 126 judul. Para peserta kemudian dibagi ke dalam empat sesi paralel untuk mempresentasikan paper mereka dengan moderator yang berasal dari kalangan dosen IPB University. Selain itu, The 2nd ISENREM 2021 juga mengadakan nominasi Best Paper dan Best Oral Presentation sebagai bentuk apresiasi bagi peserta pemrasaran terbaik. Selain peserta yang melakukan presentasi, acara ini juga dihadiri oleh peserta dari kalangan mahasiswa dan umum melalui aplikasi Zoom Meeting maupun siaran langsung Youtube. Tamu yang hadir juga berasal dari kalangan profesi, seperti akademisi, pejabat pemerintah, dan media.

Dr. Zaenal Abidin selaku ketua pelaksana The 2nd ISENREM 2021 menyampaikan apresiasinya melalui pidato singkat, bahwa meskipun ini kali pertama ISENREM diselenggarakan secara daring, namun tidak menyurutkan antusiasme para peserta, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini tidak lepas dari peran Sekolah Pascasarjana IPB University, Direktorat Program Internasional IPB University, PPLH IPB University, Kementerian LHK, dan BIG dalam mendukung kesuksesan acara.