PPLH IPB Mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Website

PPLH IPB Mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Website

Pada tanggal 11 dan 14 Juni 2021 PPLH IPB University mengadakan pelatihan penulisan artikel website untuk staf PPLH IPB. Hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatakan kemampuan menulis sekaligus meningkatkan kontribusi penulis pada website PPLH IPB baik dari sisi kuantitas maupun kualitas artikelnya.

Pelatihan penulisan artikel website sesi 1 diselenggarakan pada tanggal 11 Juni secara daring via Zoom Meetings dengan menghadirkan pemateri Ibu Siti Nuryati, S.TP, M.Si yang merupakan Kepala Bagian Humas, Biro Komunikasi IPB. Pelatihan pertama ini lebih berfokus dalam cara menulis berita/press release untuk website. Pada kesempatan tersebut narasumber yang juga merupakan pimred IPB Today menjelaskan aspek-aspek yang terkandung dalam sebuah berita baik laporan pandangan mata (straight news) maupun berita mendalam (depth news). Di akhir pelatihan, beliau memberikan motivasi bahwa menulis berita itu mudah sehingga jangan takut untuk menulis.

“Menulis berita itu mudah, jangan terjebak atau terbelenggu dengan pemikiran bagaimana membuat kalimat yang bagus, tetapi keluarkan saja ide tulisan tersebut setelah itu bacalah kembali untuk memperbaiki ide yang telah tertulis. Selain itu, mintalah orang lain membaca tulisan anda”

Siti Nuryati, S.TP, M.Si – Kepala Bagian Humas, Biro Komunikasi IPB University

Pelatihan menulis untuk staf PPLH IPB University ini berlanjut pada tanggal 14 Juni 2021 dengan mengenalkan fasilitas website PPLH IPB termasuk panduan menulis artikel pada website tersebut. Pemateri pada pelatihan sesi kedua ini adalah Taufiq Yuliawan, S.Si, M.Sc. yang mewakili tim website PPLH IPB University. Peneliti muda PPLH IPB ini juga menjelaskan manfaat menulis artikel pada website PPLH IPB baik untuk organisasi maupun diri sendiri.

Dengan adanya pelatihan menulis berita/artikel pada website tersebut, Profesor Hefni Effendi yang merupakan Kepala PPLH IPB mengharapkan adanya peningkatan citra institusi dan juga eksistensi PPLH IPB pada dunia modern melalui internet.